Menstruasi

Jumat, 22 Juli 2011

Pubertas tercapai pada usia 12-16 tahun dipengaruhi oleh keturunan, bangsa, iklim & lingkungan. Pertama kali menstruasi disebut dengan menarche. Pertumbuhan payudara pertama kali disebut thelarche. Tumbuhnya rambut kemaluan disebut dengan pubarche.
 Siklus menstruasi normal dapat dibagi menjadi 2 segmen yaitu, siklus ovarium (indung telur) dan siklus uterus (rahim). Siklus indung telur terbagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu siklus folikular dan siklus luteal, sedangkan siklus uterus dibagi menjadi masa proliferasi (pertumbuhan) dan masa sekresi.
Sistem hormonal yang mempengaruhi siklus menstruasi adalah:
  1. FSH-RH (follicle stimulating hormone releasing hormone) yang dikeluarkan hipotalamus untuk merangsang hipofisis mengeluarkan FSH
  2. LH-RH (luteinizing hormone releasing hormone) yang dikeluarkan hipotalamus untuk merangsang hipofisis mengeluarkan LH
  3. PIH (prolactine inhibiting hormone) yang menghambat hipofisis untuk mengeluarkan prolaktin 

Gambar Siklus Hormonal



SIKLUS MENSTRUASI
Menstruasi dipengaruhi oleh :
1.      Gn RH à merangsang pelepasan FSH, LH, prolaktin
2.      Prolaktin à prod. o/ sel α hipofisis ant., memulai & mempertahankan prod. Progesterone
3.      FSH & LH à prod. o/ sel β hipofisis ant.,sekresi estrogen
4.      Estrogen & Progesteron à mempengaruhi perubahan endometrium 







Siklus ini dibagi menjadi 4 tahap, yaitu :
1.      STADIUM MENSTRUASI
©      Endometrium mengalami peluruhan sehingga menyebabkan perdarahan. Lapisan yg tertinggal disebut stratum basale, berlangsung selama 4 hari.
©      Saat haid akan keluar darah, potongan-potongan endomettrium & lendir serviks
©      Darah tidak membeku karena ada fermen yang mencegah pembekuan darah & mencairkan potonga-potongan mucosa
©      Banyaknya darah keluar selama haid normal ±50 cc 
2.      STADIUM PROLIFERASI (5-14)
Dibagi menjadi 2 tahap :
a.       Proliferasi Dini
©      Endometrium tumbuh tebal ± 2 mm
©      Kelenjar lurus, epitelnya kubus rendah, intinya basal
b.      Stadium Proliferasi Lanjut
©      Endometrium lebih tebal karena bertambahnya stroma akibat pemecahan sel-sel 
3.      STADIUM SEKRESI (14-28)
a.       Sekresi Dini
©    Lebih tipis dari fase sebelumnya
©    Hal ini karna kehilangan cairan, tebalnya ± 4-5 mm
©    Endometrium sudah dapat dibedakan :
(stratum compactum) saluran kelenjar yang sempit, lumennya berisi sekret, stroma yang berlebihan & memperlihatkan oedem
(stratum spongiosum) banyak lubang-lubangnyaà terdapat rongga dari kelenjar-kelenjar yang banyak, melebar & berkelok-kelok dengan stroma yang sedikit diantaranya
(stratum basale) berbatasan dengan otot, inaktif kecuali mitosis pada kelenjar
b.      Sekresi Lanjut
©      Tebalnya ± 5-6 mm
©      Ada peningkatan dari fase sebelumnya, dimana endometrium menjadi sangat vaskuler, kelenjar berkelok-kelok & kaya glikogen
©      Ideal untuk nutrisi & perkembangan ovum
©      Sel stroma sitoplasmanya bertambah
©      Ibu hamil à stroma à desidua akibat pengaruh progesteron 
4.      STADIUM PRE MENSTRUIL
©    Stroma mengalami disintegrasi, dgn hilangnya cairan & sekret maka terjadi kolaps dari kelenjar & arteri à terjadi vasokonstriksi à mengalami relaksasi à pecah
©    Masa dari hari pertama haid sampai hari pertama haid berikutnya disebut siklus
©    Siklus haid normal 28 hari (3-5 mg)
©    Lama haid ± 4-5 hari 




SIKLUS OVARIUM
            Ovarium merupakan organ reproduksi wanita terletak di dalam tubuh, dilapisi oleh selapis sel epitel dan jaringan ikat padat disebut tunika albugenia. Ovarium mempunyai jaringan penggantung disebut mesovarium.
      Fungsi Ovarium:
1.      Sebagai kelenjar eksokrin menghasilkan sel telur atau ovum
2.    Sebagai kelenjar endokrin menghasilkan hormon estrogen dan progesteron 




 Pengaruh Hormon dalam Oogenesis
ü  Kelenjar hipofisis mengeluarkan hormon Folikel Stimulating Hormon (FSH) yang merangsang pertumbuhan sel-sel folikel di sekeliling ovum. Ovum yang matang diselubungi oleh sel-sel folikel yang disebut Folikel de Graaf,
ü  Folikel de Graaf mengeluarkan hormon estrogen. Hormon estrogen merangsang kelenjar hipofisis untuk mensekresikan hormon Luitinizing Hormon (LH), hormon LH merangsang terjadinya ovulasi.
ü  Selanjutnya folikel yang sudah kosong dirangsang oleh LH membentuk badan kuning atau korpus luteum
ü  Korpus luteum mengeluarkan hormon progresteron yang berfungsi menghambat sekresi FSH dan LH
ü  Kemudian korpus luteum mengecil dan hilang, sehingga akhirnya tidak membentuk progesteron lagi, akibatnya FSH mulai terbentuk kembali, proses oogenesis mulai kembali.




Follicle Stimulating Hormone (FSH)
·         Oosit awalnya dilapisi oleh folikel primordial. Sel folikel akan mengadakan proliferasi sehingga terbentuk beberapa lapisan. 
·         oosit dilapisi 1 lapis sel folikel à folikel primer,
·         2 lapis à folikel sekunder,
·         3 lapis /> à folikel tersier
·         antara ovum dengan sel folikel terdapat ruang/rongga yang disebut antrum fase ini disebut folikel de Graaf.

Luteinizing hormone (LH)
·         LH bersama-sama dengan FSH akan merangsang pematangan ovum dan ovulasi

Estrogen (hormon ovarium)
·         Fungsi estrogen: proliferasi dan penebalan dinding endometrium & sel-sel spesifik di dalam tubuh yang bertanggung jawab pada perkembangan karakteristik seks sekunder wanita, seperti pembesaran payudara, pinggul, tumbuh rambut pada alat vital dan di ketiak.
·         Estrogen = hormon seks wanita, dibawah pengaruh hormon ini terjadi penebalan dinding endometrium, sehingga fase ini disebut fase proliferasi.
·         Efek estrogen
*      Pubertas :
ü  merangsang pertumbuhan organ reproduksi internal, genetalia eksterna dan mammae
ü  merangsang pertumbuhan rambut tubuh
ü  merangsang pertumbuhan tulang panjang dan penutupan dini epifise
ü  merangsang distribusi lemak wanita

Progesteron
·         Dibentuk oleh korpus luteum setelah terjadi ovulasi
·         Dapat diisolir kecuali dari plasenta juga dari kelenjar suprarenalis dan darah yang berasal dari V. Ovarica
·         Kadar tertinggi pada urine dijumpai pada hari ke-20-21 setelah M dan menurun sampai hilang 2 hari sebelum M
·         Pengaruh terhadap uterus :
ü  Endometrium bersekresi ® tebal dan oedematus ® mempermudah nidasi
ü  Fase sekresi ® endometrium tertimbun glikogen dan mineral (Ca) penting untuk makan ovum dan mempertahankan kehamilan (kalau kurang ®mudah abortus)
ü  Terhadap dinding uterus : mengurangi kontraksi dari pengaruh oksitosin
·         Terhadap mammae : pertumbuhan acini dan lobuli kelenjar mammae seperti pada fase post ovulatoir dan selama kehamilan
·         Rangsangan sekresi kelenjar endometrium
·         Induksi mukus cervix yang kental & lengket
·         Menurunkan proliferasi sel epitel vagina
·         Menghambat efek “milk – inducing” dari prolaktin
·         Memberikan efek feedback pada hipotalamus dan hipofisis anterior.

Menstruasi Ovulatoir adalah menstruasi yang didahului oleh ovulasi (M yang normal). Menstruasi Anovulatoir adalah menstruasi tanpa didahului ovulasi (tidak terjadi korpus luteum dan pembentukan progesteron) ® endometrium tetap dalam stadium proliferasi sampai terjadi Menstruasi

129 komentar:

mylastof mengatakan...

::
ulfi ni jurusan kedokteran yah kuliah.y O_o ..
hmmm .. mantab deh ^_^

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Ndaa..:)
sya d kebidanan..

mylastof mengatakan...

::
hmmm ...
sejalur lah ^_^
posting.y smua menjurus deh :p #ehh ..
salam knal ya .. mkasih dah di app ..

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Hahaa.. agak porno ya^^

apny yg d app??

mylastof mengatakan...

::
hmmm ..
ya gak promo jg ^_^
kn mendidik nii . . .

ehmm .. yg di app tu facebook.y gt fii ^_^

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Mga ja mnfaat^^

Iya kah?
sya asl app ja.. hhee

mylastof mengatakan...

::
hmmm ...
salam knal aja deh klo gt ^_^

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

^_^

Blogmu curhatn smua ya^^

mylastof mengatakan...

::
yang satu ini memang sngaja jadi blog curhatan ..
tpi yang lain gak ;)

hehhe ... gak ada temen curhat ya gni :P

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Bgus^^

ni lgi bca2.. hhee

mylastof mengatakan...

::
hohoho ...
makasih ..
wew, gak masuk ya kok malah baca² -_-

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Ndaa..
Lgi mnggu tnang sblm ujian..
#Tpi pagi ttep k kmps nyari" info

mylastof mengatakan...

::
hmm ..
gt ya ^_^

kirain dah slesai ujian ...
hohoho

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Masnya sndri??

mylastof mengatakan...

::
aku mah tinggal skripsi ..
kampus juga abis slesai ujian malah ;)

jdi ya dirumah sambil serching² bahan skripsi ^_^

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Wah,, dah sukses dunk^^

mylastof mengatakan...

::
dah sukses gmna ??

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Dah sukses lewati kulnya^^

mylastof mengatakan...

::
tpi kn blum lulus -_-

skripsi aja msh masa kerja ..
apalagi wisuda . . .
hmmm ...

pengen.y jga gt ..
slesai kuliah.y :p aamiin

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Yaa klo gak mau dibilang sukses, sya ganti hampir sukses (Blum tentu sukses :p)

mylastof mengatakan...

::
hwaaaa >.<
doain sukses aja deh ..
nanti kn klo dah sukses, ulfi jg dpt bagian.y .. :D

hehhe

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

dapat apa?

mylastof mengatakan...

::
ya dapet bagian donk ^_^
kn klo dpt seneng enak.y ya bagi² seneng.y ...

klo dpt rejeki, ya enak.y bagi² rejeki ..

hmmm ...

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Gak usah repot"...

Mhon doakan ja mga apa yg sya doakan diijabah Allah.. just it^^

mylastof mengatakan...

::
klo itu tergantung do'a-nya jg ^_^
klo do'a-nya baik pastilah ..
tp klo do'a-nya buruk .. noway :P

hihihi

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

mmmm -_-

mylastof mengatakan...

::
waduh, ada yg salah ya :(
maaf ya . . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Yg mananya doa pasti baiklah....
Hhaa^^

mylastof mengatakan...

::
blum tentu juga ,,

kdang ada jg kn do'a tu baik buat diri sendiri tapi buat orang lain nggak . .. atau sebalik.y . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Emanknya kau pikir sya sejahat itu kah?? (-_-")

mylastof mengatakan...

::
ya nggak lah ^_^
hehhe ...

eh, anw,.. kau tu smster brp ??

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

tebak ja^^

mylastof mengatakan...

::
smester 2 akn memasuki smester 3 ...
bner tak ??

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

yupz^^

mylastof mengatakan...

::
wii ..
hehhe bener ya ^_^
hmmm . .

ko asli kalimantan ya fii ..??

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Yaiyalah,, psti liat d fb kan..

Yupz,, dah pernah k kalteng?

mylastof mengatakan...

::
hehhe ..
blum pernah sih ke kallteng . .
cma pengin aja tinggal di daerah kalimantan . . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Ya ntar klo ada kesempatan,, jalan2 ja k sini^^

mylastof mengatakan...

::
insha Allah gak cuma skedar jalan² ..
tpi juga punya rumah disana ^_^ aamiin ...

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Amiin^^
Skrng mulai bnyak di bngun prumhan lo..
Orng" pda b'lomba" beli rumah n beli tanah..
Buat antisipasi yg katanya palangkaraya nntinya mau d jadikan ibu kota negara..
Jdi invstsi harga jualnya melambung.. hihii^^

mylastof mengatakan...

::
wah kudu cepet² jg donk :P
ikut kompetisi juga biar bisa beli tanah di kalimantan ..

hemmmm ,, tp blum siap apapun .. :(

...

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Ayoo semangat!!^^

Tpi brpapun hrganya,, klo dah sukses mah no problem^^

mylastof mengatakan...

::
yoyoi ^_^
semangat biar ingin dan cita tercapai ^_^

aamiin ..
kli fii ni di kota-nya ya tinggal.y ??

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Iyaa,, sya d kotanya^^

mylastof mengatakan...

::
hmmm, klo kota di palangkaraa itu keg gmn ?
suasana.y sperti di Jawa tak ?
...

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Ya gak laah^^

Klo di Paray (Palangkaraya)ada daerah" tertentu kumpulan suku tertentu.. Ada yg bnyak Orng Banjar (KalSel),, ada juga d daerah Rumah ma"h Pa"h sana kmpulan org Jawa.. Nah, klo daerah tmpat saya ni bnyak org dayaknya^^

mylastof mengatakan...

::
loh, kmu pisah sama abi-ummi ya fii ?
tinggal sma siapa ?? O_o

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Klo soal panas,, sama" ja panasnya...
Tapi, klo d Jawa,, panasnya krna polusi kan?
Klo d Paray ni emank panaas terik..

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Iya pisah,, ni sma ade..
Jraknya 30an km lah..
klo skul n kul kan cpe blak blik jauh..
jdi, cri yg dkat ja lah..^^

mylastof mengatakan...

::
hkhkhk .. .
kalimantan kn emang jalur khatulistiwa .. wajar lah panas :P

ehm .. kpan² ajari aku bhasa banjar ya ^_^

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Bhs bnjar mah gampang gak belajar jga seiring wktu bisa sndiri, coz agak mirip jawa cma logatnya ja yg beda..
Yng lbh susah tu dayak.. bnyak mcamnya.. mau dayak apa..

mylastof mengatakan...

::
hohoho . . .
seneng juga pasti ^_^
buktinya masih ceria smpe skrg nii ya kn fii ??

mylastof mengatakan...

::
aku kmaren aja di ajak ngobrol pake bahasa banjar aja diam sribu bhasa palagi dayak -_-

ajari aja satu² fii ^_^
nanti juga bisa .. hehehe #ngarep

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Wanii piroo...
hahahaaa^^

mylastof mengatakan...

::
hahha :))
terserah fii, yg penting jgn mahal² :P

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Hahaa,, yakin??^^

mylastof mengatakan...

::
yakinn donk. .
kn fii baik ^_^ #
hehhe

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Hhihi^^

mylastof mengatakan...

::
hohoho ...
malah ketawa O_o

ada yg lucu kah fii ??

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Gak boleh kah??

mylastof mengatakan...

::
boleh lah ^_^
tpi kn harus ada sebab.y ;)

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

T'twa tnda lgi gak sedih^^

mylastof mengatakan...

::
hohoho . .
jangan sampe ksedihan mnyelimuti ^_^
hmmmm . .

komen sblum ni kok di hapuss fii ??

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

sipp^^

k doble dhps ja. haha

mylastof mengatakan...

::
bisa²-ya k'dobel :P
hmmm . .
ehm, kmu anak pertama ya fii ?
hehhe **@mylastof banyak tanya

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Sya kan mnusia yg tak luput dri salah...
#membela diri :p

mmm,,, mau tau ja..
-..-

mylastof mengatakan...

::
hehe ..

ehm .. tanya sdikit boleh lah ^_^ hmmm

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

sya blum knal tuuu...

mylastof mengatakan...

::
knalan dulu gih ^_^
hehhe ..

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Maunyaa.. :P

mylastof mengatakan...

::
hehhe ...
boleh lah ya ^_^ #ngarep

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Gak mau. :P

mylastof mengatakan...

::
huhuhu :(
kok gak mau ??
wah . . .gk jdi punya knalan yg dri kalimantan deh :'(

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

nangis dulu klo gitu...
hahaa^^

mylastof mengatakan...

::
wew O_o
cara nangis.y gmn :'(
hiks hiks ...
nanti knalan ya :p hehhe

mau punya yg di kalimantan aja susah . . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

maksa -_-

mylastof mengatakan...

::
huk uhuk :(
ya udah klo gak boleh sdikit aja knal -_-

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Hahaha^^

mylastof mengatakan...

::
malah ketawa seneng loh -_-
hmm ...
anw, yg boleh dikanal apanya ya fii *_*

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Kau ja lah^^

mylastof mengatakan...

::
mksd.y fii O_o
kga ngerti aku :(

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

ku pun sama.... hahaa
pusing nuy..

mylastof mengatakan...

::
hahha :))
ternyata klo pusing tu mnular :P

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

pian pusing kah?

mylastof mengatakan...

::
pusing lantaran Choiriatu Lutfiati gag mau knalan :@
#ehh
hehh

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

gak segitunya kaleee....^^

mylastof mengatakan...

::
hehhe ..
sbener.y ama skripsiku ini fii :(
gak kelar² ><
bantuin ngetik fii :p #Help me

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Derita lo... Hahahaha (tertawa jahat)

#pdhl am dsni sma ja pusing gra" tugas, jaman skrng dah canggih, eh malah d sruh tulis tangan,, ckck

mylastof mengatakan...

::
hahha >:)
gokil ..

terang aja, mana ada resep dekter yg di tulis pake komputer :p

#ehm, calon dokter x_X

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Udah d bilang bukan dokter..
Lain tauu...

mylastof mengatakan...

::
hohoho ..
kn dokternya ibu² . .

khusus malah .. hihi

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Gak cuma ibu".. ank" dan suaminya juga.. :P

mylastof mengatakan...

::
nah lo . .
kn jadi lebih lengkap :P

hahaha :))

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Sbnrnya hmpir sama..
Tpi beda :P

mylastof mengatakan...

::
beda.y apa ?
toh sama² ngurus si pasien
sma² merawat . .
sma² di bidang kedokteran jg :P
hihi

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Bedanya,, bidan cwek semua^^

mylastof mengatakan...

::
hmmm ..
gt ya O_o
iya juga sii . .
hmm . .
anw, fii udah pernah hadapin pasien beneran blon ?

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Alhmdulillah,, udah pernah..^^

mylastof mengatakan...

::
wah mantab ^_^
udah ada pengalaman ni brarti :P
hihihi . . assiik

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Bru liat n bantu" dikit,, hehee
Bnyk ibu"nya malu.. hahaaa

mylastof mengatakan...

::
hmmm ..
yg malu itu ibu²nya ato kmu sndiri fii ??
hayoo :P
hehhe . . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

ibunya laaah^^

mylastof mengatakan...

::
lohh ?
kok bs ??
aneh -_-

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Ya iyalah,, kan auratnya d lhat orng yg lbih muda.. hahaa

mylastof mengatakan...

::
ohoho . .
brarti nanti fii juga bakan alamin hal serupa donk :P
#ehh

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Pikir" dulu... hahaa

Udah gak usah ngomongin itu..

mylastof mengatakan...

::
ehh fii ??
nma di twitter_mu itu kok "Nura Awwalon Fillah" ?
emg artinya apa itu O_o

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Nura d ambil dri kata 'Nur'
Awwalon di ambil dari kata 'awal'
trus Fillah.....
tau ja kan...
Bagus mana yoo ma yg asli?

mylastof mengatakan...

::
hohoho .. gt ?? :D
tapi bagus smua . . .
klo nma Choiriatu Lutfiati artinya apa ??
hmm ..

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Kata dasarnya 'Khoir' n 'Lutfi' :)

mylastof mengatakan...

::
hmmm . .
trus nma asli.y spa sih ??
jdi bingung aku . . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

huhh?? #dueng

mylastof mengatakan...

::
hmmm . .
hihihi ..

brarti "Choiriatu Lutfiati" ya ^_^
hihi .. afwan fii . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Nama pian?

mylastof mengatakan...

::
namaku ??
hmm ..
just"Toto Prayoga" :)
hehhe . . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

oo.. hw old r u?

mylastof mengatakan...

::
3 years older than you ;)

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Oo,, u're younger than I thought
I'm cnfuse 2 call u
hhee...

mylastof mengatakan...

::
u know, we do not know each other . .
let's become acquainted more :P
hihihi

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

Wht do u want 2 know abot me?
hhee..

mylastof mengatakan...

::
i want to know more of my friend :D
hehe

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

umm,, i asked u what not why..

mylastof mengatakan...

::
hohoho .. . .
i want to know everything abot u from u'r born till now.. . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

umm,, if u wnt to knw me, then u introduce urself 1st.. :P

mylastof mengatakan...

::
me as 1st ?
hmmm . . . -_-

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

yaa,, lets introduce urself..
hahaa

mylastof mengatakan...

::
hohoho . .
im ashamed . . thats real :p

hmmm . .

Choiriatu Lutfiati mengatakan...

I dnt want too :P

mylastof mengatakan...

::
ok, i abort my intention that, maybe not time for me to introduce myself coz I dont have anything to introduce.